Pengertian Bisnis
Bisnis ialah suatu organisasi
yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya,
untuk memperoleh laba.
Ada tiga hal penting
dalam bisnis yaitu :
-
menghasilkan barang dan jasa
-
mencari profit
-
memaksimalkan kebutuhan konsumen.
Dalam dunia
perekonomian, bisnis memiliki karakteristik yakni sebagai berikut :
1.
Lembaga atau institusi atau organisasi
sosial dan ekonomi.
2.
Berhubungan dengan berbagai barang dan
jasa yang memenuhi kebutuhan manusia.
3.
Mencari laba, profit atau keuntungan.
4.
Menentukan harga yang sesuai.
5.
Akan ada kemungkinan mengalami kerugian.
Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis adalah
untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai,
setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat
/ konsumen. Nilai kegunaan (Utility Value)
yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan
masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.
Fungsi utama bisnis
adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
-
Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk
bisnis ( form utility ), yang tidak lain
dari fungsi produksi
-
Bisnis berfungsi untuk memindahkan
bentuk ( place utility ), atau fungsi
distribusi
-
Bisnis mengubah pemilikan ( possessive utility ), yaitu fungsi penjualan
-
Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan ( time utility ), atau fungsi pemasaran
Manfaat Bisnis
1.
Memperoleh Penghargaan/Pengakuan
Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan
berbisnis. Dengan adanya bisnis
yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada
masyarakat akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.
2.
Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi DIRI
SENDIRI
Kapan lagi anda dapat menjadi bos untuk diri sendiri
kalau bukan di bisnis yang
anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya
bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda
menjadi bos.
3.
Menggaji diri sendiri
Enak bukan, anda tentukan penghasilan anda sendiri.
Itulah manfaat membangun bisnis
anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.
4.
Atur Waktu Anda Sendiri
Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat berbisnis
yang keren. Bila anda jadi PNS,
jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi lebih
fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan
penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda. Uenak bukan
5.
Masa Depan yang lebih cerah
Masa depan anda, bisa
dikatakan anda yang atur, semakin anda gigih dan semangat berbisnis, anda akan memiliki masa depan yang lebih cerah.
Tujuan Bisnis
Setiap bisnis atau
perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh
konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk
adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan
dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
Pada umunya tujuan
didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun
secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
1.
Profit
2.
Pengadaan barang atau jasa
3.
Kesejahteraan pemilik faktor produksi
dan masyarakat
4.
Full employment
5.
Eksistensi perusahaan dalam jangka
panjang
6.
Kemajuan atau pertumbuhan
7.
Prestise dan prestasi
Meskipun tujuan utama
mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa
mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak
tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan
yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku
bisnis itu diantaranya :
-
Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
-
Untuk memakmurkan keluarga
-
Ingin namanya dikenal banyak orang
-
Karena ingin menjadi penerus usaha
keluarga
-
Ingin mencoba hal baru
-
Ingin memanfaatkan waktu luang
-
Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak
bekerja pada orang lain.
-
Ingin mendapat simpati. Dsb.
Bisnis Informatika
Bisnis informatika
adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang
memiliki nilai (value) dengan tujuan
mendapatkan keuntungan (profit) yang
dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi
disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi.
Jenis dan Tipe Bisnis
di Bidang Teknologi Informatika :
1.
Produk
· Hardware
/ Perangkat Keras, adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap
hardware/perangkat keras.
· Software
/ Perangkat Lunak, adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap
software/perangkat lunak.
2.
Jasa
· Software
House ( pembuatan software sesuai permintaan ), Seorang atau sekelompok orang
atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan
perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau
perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk
inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based
dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/
webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan
kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis
usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
· E-commerce
( jual-beli online ), E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi
bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi
yang paling utama (Robert E. Johnson).
· Infrastruktur
Komputer, adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi
dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
· IT
consultant, menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis,
menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam
sistem IT.
PT Smartfren Telecom,
Tbk. adalah operator penyedia jasa
telekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan
mobilitas terbatas (fixed wireless access), serta memiliki cakupan jaringan
CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G) yang terluas di
Indonesia. PT Smartfren Telecom Tbk (smartfren) awalnya bernama PT Smart
Telecom Tbk dan PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) sebelum bulan April 2011. PT
Mobile-8 Telecom Tbk awalnya dimiliki oleh PT Global Mediacom Tbk. Namun akibat
krisis finansial dan penurunan penjualan produk, maka Perusahaan ini diakuisisi
oleh Sinar Mas Group dengan menggunakan nama PT Smart Telecom Tbk pada bulan
November 2011. Smartfren juga merupakan operator telekomunikasi pertama di
dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B (setara dengan 3,5G dengan
kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator CDMA pertama yang menyediakan
layanan Blackberry. Jasa dan layanan smartfren memiliki nilai-nilai (values)
yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang
cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup
pelanggan dalam berkomunikasi. Sebagai operator CDMA yang menyediakan jaringan
internet kecepatan tinggi bergerak (mobile broadband) yang terluas di
Indonesia, Smartfren berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi
yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas terbaik.
Produk
yang dikeluarkan oleh smartfren adalah :
-
Kartu Smart
-
Kartu Fren
-
Kartu Hepi
-
Mobi
-
Kartu Smartfren Kwik
-
Kartu Smartfren LokalPlus
-
Kartu Smartfren (Smart) Extra
-
Kartu Smartfren (Fren) Extra
-
Kartu Smartfren Social
-
Kartu Ummat
-
HP Smartfren EV-DO XStre@m
-
HP Smartfren andro
-
HP Smartfren andro Max
-
Smartfren Connex
-
dan lain-lain
Pencapaian
Perusahaan
Dengan keuletan dan
kerja sama dari seluruh karyawan, maka dihasilkanlah prestasi di Indonesia,
seperti :
1.
2010
-
Penghargaan Broadband Award untuk
kategori Best CDMA Broadband Operator.
-
Gadget Award untuk kategori Best
Internet Service Provider.
2.
2011
-
Penghargaan “Call Center Service
Excellence Award 2011”
-
Top Brand Award 2011 kategori Internet Service
Provider Mobile
Visi
dan Misi Smartfren
-
Visi Smartfren
Menjadi operator telekomunikasi terdepan yang mampu
memberikan layanan telekomunikasi
terbaik bagi seluruh pelanggan
Melakukan inovasi dan memberikan kualitas pelayanan
dengan harga yang terjangkau untuk
masyarakat Indonesia.
-
Misi Smartfren
Membangun jaringan berkualitas dunia di tanah air,
membangun organisasi yang berbasis pada
pelanggan, fleksibel dan cepat
Kami memiliki produk khusus diciptakan sesuai dengan
kebutuhan pelanggan
Anak Perusahaan
1.
Mobile-8 Telecom Finance BV (M-8 BV)
M-8 BV didirikan pada tanggal 18 Juli 2007 awalnya
beralamat di Herengracht 450, 1017
CA Amsterdam, Belanda. Namun pada tanggal 1 September 2010, M-8 BV memindahkan pusat aktifitasnya ke Jalan 54
Clarendon Road, Watford WD17, 1DU, London,
Britania Raya.
M-8 BV sepenuhnya dimiliki oleh PT Smartfren Telecom Tbk.
M-8 BV bergerak di bidang
keuangan seperti mencari pendanaan, pinjam dan meminjamkan modal, memberikan jasa konsultasi, dan
hal-hal bersifat industri finansial dan komersial lainnya.
2.
PT Smart Telecom (Smartel)
Smartel didirikan berdasarkan Akta PT Indoprima
Mikroselindo No. 60 tanggal 16 Agustus
1996, yang dibuat di hadapan Achmad Abid SH, Notaris pengganti dari Sutjipto SH, Notaris di Jakartajuncto Akta
Perubahan Anggaran Dasar PT Indoprima Mikroselindo
No. 195 tanggal 25 April 1997, yang dibuat di hadapan Sutjipto SH, Notaris di Jakarta, yang telah :
- Memperoleh
pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia berdasarkan Keputusan No. C2-7023 HT.01.01.TH97 tanggal 25
Juli 1997
- Didaftarkan
di Kantor Pendaftaran Perusahaan Kodya Jakarta Pusat di bawah No. 1209/BH.09.05/VIII/1997 tanggal 26
Agustus 1997
- Diumumkan
dalam Berita Negara Republik Indonesia (BNRI) No. 90 tanggal 11 November 1997, Tambahan No. 5282.
Anggaran Dasar Perseroan sebagaimana dimuat dalam Akta
Pendirian telah mengalami beberapa kali perubahan dengan perubahan terakhir
dilakukan berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat Smartel No. 23 tanggal 22
Juli 2011 dibuat di hadapan Sri Hidianingsih Adi Sugijanto SH, Notaris di
Jakarta dan telah diterima dan di catat dalam database Sistem Administrasi
Badan Hukum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
berdasarkan Penerimaan Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan No.
AHU-AH.01.10.27540 tahun 2011tanggal 24 Agustus 2011.
Smartel merupakan operator telekomunikasi dengan izin
penyelenggaraan jaringan bergerak seluler dengan teknologi CDMA2000 1x dan
EV-DO yang bergerak di Frekuensi 1900Mhz.
Anak Perusahaan yang Dimerger
Anak Perusahaan PT
Smartfren Telecom Tbk yang dimerger yaitu :
1.
PT Telekomindo Selular Raya (Telesera)
2.
PT Metro Selular Nusantara (Metrosel)
3.
PT Komunikasi Selular Indonesia
(Komselindo)
4.
PT Menara Jakarta
Keempat anak perusahaan
tersebut pernah menjadi bagian dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
dan PT Global Mediacom Tbk (dulu Bimantara Citra) yang dileburkan bersama PT
Mobile-8 Telecom Tbk dan selanjutnya diakuisisi oleh PT Smart Telecom Tbk
menjadi PT Smartfren Telecom Tbk.
Susunan Direksi & Dewan Komisaris PT Smartfren Telecom Tbk per 13 Juni
2013:
Dewan Komisaris
Presiden Komisaris : Ir. Gandi Sulistiyanto
Soeherman
Komisaris/Independen : DR. Ir. Deddy Saleh
Komisaris/Independen : Ir. Sarwono Kusumaatmadja
Komisaris/Independen : Reynold Manahan Batubara
Komisaris : Handra Karnadi
Direksi
Presiden
Direktur : Rodolfo Paguia Pantoja
Direktur : Merza Fachys
Direktur : Antony Susilo
Direktur : Marco Paul Iwan Sumampouw
Direktur : Yopie Widjaja
Sumber dan Referensi :
http://fariszuhair.blogspot.co.id/2014/10/bisnis-tik-teknologi-informasi-dan.html
http://kumpulantugsku.blogspot.co.id/2016/10/definisi-bisnis-tik-dan-bisnis.html
http://www.dunsarware.com/2015/08/pengertian-bisnis-fungsi-bisnis-tujuan.html
http://ryandhikapunya.blogspot.co.id/2014/11/profil-perusahaan-yang-bergerak-dalam.html
http://chyntiayp.blogspot.co.id/2013/10/profil-perusahaan-ptsmartfren.html
http://ahmad-taqyuddin.blogspot.co.id/2013/10/artikel-tentang-perusahaan-yang.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Smartfren
http://kumpulantugsku.blogspot.co.id/2016/10/definisi-bisnis-tik-dan-bisnis.html
http://www.dunsarware.com/2015/08/pengertian-bisnis-fungsi-bisnis-tujuan.html
http://ryandhikapunya.blogspot.co.id/2014/11/profil-perusahaan-yang-bergerak-dalam.html
http://chyntiayp.blogspot.co.id/2013/10/profil-perusahaan-ptsmartfren.html
http://ahmad-taqyuddin.blogspot.co.id/2013/10/artikel-tentang-perusahaan-yang.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Smartfren
No comments:
Post a Comment