Tuesday, October 11, 2016

PROFILE PERUSAHAAN IT : PT. Smartfren Telecom, Tbk.

Pengertian Bisnis
Bisnis ialah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya, untuk memperoleh laba.
Ada tiga hal penting dalam bisnis yaitu :
-          menghasilkan barang dan jasa
-          mencari profit
-          memaksimalkan kebutuhan konsumen.
Dalam dunia perekonomian, bisnis memiliki karakteristik yakni sebagai berikut :
1.      Lembaga atau institusi atau organisasi sosial dan ekonomi.
2.      Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia.
3.      Mencari laba, profit atau keuntungan.
4.      Menentukan harga yang sesuai.
5.      Akan ada kemungkinan mengalami kerugian.

Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen. Nilai kegunaan (Utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.
Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
-          Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk bisnis ( form utility ), yang tidak lain dari fungsi produksi
-          Bisnis berfungsi untuk memindahkan bentuk ( place utility ), atau fungsi distribusi
-          Bisnis mengubah pemilikan ( possessive utility ), yaitu fungsi penjualan
-          Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan ( time utility ), atau fungsi pemasaran

Manfaat Bisnis
1.      Memperoleh Penghargaan/Pengakuan
Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.
2.      Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI
Kapan lagi anda dapat menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan   anda menjadi bos.
3.      Menggaji diri sendiri
 Enak bukan, anda tentukan penghasilan anda sendiri. Itulah manfaat membangun bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.
4.      Atur Waktu Anda Sendiri
 Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk   menggantikan anda. Uenak bukan
5.      Masa Depan yang lebih cerah
Masa depan anda, bisa dikatakan anda yang atur, semakin anda gigih dan   semangat berbisnis, anda akan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Tujuan Bisnis
Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
Pada umunya tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
1.        Profit
2.        Pengadaan barang atau jasa
3.        Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
4.        Full employment
5.        Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
6.        Kemajuan atau pertumbuhan
7.        Prestise dan prestasi
Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :
-          Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
-          Untuk memakmurkan keluarga
-          Ingin namanya dikenal banyak orang
-          Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
-          Ingin mencoba hal baru
-          Ingin memanfaatkan waktu luang
-          Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
-          Ingin mendapat simpati. Dsb.

Bisnis Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi.
Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :
1.      Produk
·      Hardware / Perangkat Keras, adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.
·      Software / Perangkat Lunak, adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.
2.      Jasa
·      Software House ( pembuatan software sesuai permintaan ), Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
·      E-commerce ( jual-beli online ), E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
·      Infrastruktur Komputer, adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
·      IT consultant, menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.

PT Smartfren Telecom Tbk


PT Smartfren Telecom, Tbk. adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless access), serta memiliki cakupan jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G) yang terluas di Indonesia. PT Smartfren Telecom Tbk (smartfren) awalnya bernama PT Smart Telecom Tbk dan PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) sebelum bulan April 2011. PT Mobile-8 Telecom Tbk awalnya dimiliki oleh PT Global Mediacom Tbk. Namun akibat krisis finansial dan penurunan penjualan produk, maka Perusahaan ini diakuisisi oleh Sinar Mas Group dengan menggunakan nama PT Smart Telecom Tbk pada bulan November 2011. Smartfren juga merupakan operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B (setara dengan 3,5G dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry. Jasa dan layanan smartfren memiliki nilai-nilai (values) yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup pelanggan dalam berkomunikasi. Sebagai operator CDMA yang menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi bergerak (mobile broadband) yang terluas di Indonesia, Smartfren berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas terbaik.

Produk yang dikeluarkan oleh smartfren adalah :
-          Kartu Smart
-          Kartu Fren
-          Kartu Hepi
-          Mobi
-          Kartu Smartfren Kwik
-          Kartu Smartfren LokalPlus
-          Kartu Smartfren (Smart) Extra
-          Kartu Smartfren (Fren) Extra
-          Kartu Smartfren Social
-          Kartu Ummat
-          HP Smartfren EV-DO XStre@m
-          HP Smartfren andro
-          HP Smartfren andro Max
-          Smartfren Connex
-          dan lain-lain

Pencapaian Perusahaan
Dengan keuletan dan kerja sama dari seluruh karyawan, maka dihasilkanlah prestasi di Indonesia, seperti :
1.      2010
-                      Penghargaan Broadband Award untuk kategori Best CDMA Broadband    Operator.
-                      Gadget Award untuk kategori Best Internet Service Provider.
2.      2011
-                      Penghargaan “Call Center Service Excellence Award 2011”
-                      Top Brand Award 2011 kategori Internet Service Provider Mobile

Visi dan Misi Smartfren
-          Visi Smartfren
Menjadi operator telekomunikasi terdepan yang mampu memberikan layanan telekomunikasi terbaik bagi seluruh pelanggan
Melakukan inovasi dan memberikan kualitas pelayanan dengan harga yang terjangkau untuk masyarakat Indonesia.
-          Misi Smartfren
Membangun jaringan berkualitas dunia di tanah air, membangun organisasi yang berbasis pada pelanggan, fleksibel dan cepat
Kami memiliki produk khusus diciptakan sesuai dengan kebutuhan pelanggan

Anak Perusahaan
1.       Mobile-8 Telecom Finance BV (M-8 BV)
M-8 BV didirikan pada tanggal 18 Juli 2007 awalnya beralamat di Herengracht 450, 1017 CA Amsterdam, Belanda. Namun pada tanggal 1 September 2010, M-8 BV memindahkan pusat aktifitasnya ke Jalan 54 Clarendon Road, Watford WD17, 1DU, London, Britania Raya.
M-8 BV sepenuhnya dimiliki oleh PT Smartfren Telecom Tbk. M-8 BV bergerak di bidang keuangan seperti mencari pendanaan, pinjam dan meminjamkan modal, memberikan jasa konsultasi, dan hal-hal bersifat industri finansial dan komersial lainnya.
2.      PT Smart Telecom (Smartel)
Smartel didirikan berdasarkan Akta PT Indoprima Mikroselindo No. 60 tanggal 16 Agustus 1996, yang dibuat di hadapan Achmad Abid SH, Notaris pengganti dari Sutjipto SH, Notaris di Jakartajuncto Akta Perubahan Anggaran Dasar PT Indoprima Mikroselindo No. 195 tanggal 25 April 1997, yang dibuat di hadapan Sutjipto SH, Notaris di Jakarta, yang telah :
- Memperoleh pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia berdasarkan Keputusan No. C2-7023 HT.01.01.TH97 tanggal 25 Juli 1997
- Didaftarkan di Kantor Pendaftaran Perusahaan Kodya Jakarta Pusat di bawah No. 1209/BH.09.05/VIII/1997 tanggal 26 Agustus 1997
- Diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia (BNRI) No. 90 tanggal 11 November 1997, Tambahan No. 5282.
            Anggaran Dasar Perseroan sebagaimana dimuat dalam Akta Pendirian telah mengalami beberapa kali perubahan dengan perubahan terakhir dilakukan berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat Smartel No. 23 tanggal 22 Juli 2011 dibuat di hadapan Sri Hidianingsih Adi Sugijanto SH, Notaris di Jakarta dan telah diterima dan di catat dalam database Sistem Administrasi Badan Hukum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia berdasarkan Penerimaan Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan No. AHU-AH.01.10.27540 tahun 2011tanggal 24 Agustus 2011.
            Smartel merupakan operator telekomunikasi dengan izin penyelenggaraan jaringan bergerak seluler dengan teknologi CDMA2000 1x dan EV-DO yang bergerak di Frekuensi 1900Mhz.

Anak Perusahaan yang Dimerger
Anak Perusahaan PT Smartfren Telecom Tbk yang dimerger yaitu :
1.                  PT Telekomindo Selular Raya (Telesera)
2.                  PT Metro Selular Nusantara (Metrosel)
3.                  PT Komunikasi Selular Indonesia (Komselindo)
4.                  PT Menara Jakarta
Keempat anak perusahaan tersebut pernah menjadi bagian dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT Global Mediacom Tbk (dulu Bimantara Citra) yang dileburkan bersama PT Mobile-8 Telecom Tbk dan selanjutnya diakuisisi oleh PT Smart Telecom Tbk menjadi PT Smartfren Telecom Tbk.

Susunan Direksi & Dewan Komisaris PT Smartfren Telecom Tbk per 13 Juni 2013:

Dewan Komisaris
Presiden Komisaris                 : Ir. Gandi Sulistiyanto Soeherman
Komisaris/Independen            : DR. Ir. Deddy Saleh
Komisaris/Independen            : Ir. Sarwono Kusumaatmadja
Komisaris/Independen            : Reynold Manahan Batubara
Komisaris                                : Handra Karnadi

Direksi
Presiden Direktur                    : Rodolfo Paguia Pantoja
Direktur                                   : Merza Fachys
Direktur                                   : Antony Susilo
Direktur                                   : Marco Paul Iwan Sumampouw
Direktur                                   : Yopie Widjaja

OMSET PERUSAHAAN


Sumber dan Referensi :

No comments:

Post a Comment

Tombol Media adalah portal yang membahas segala hal tentang game, teknologi, hiburan, dan gadget

TombolMedia merupakan sebuah portal berita yang telah dibuat dengan tujuan memberikan informasi terkait dunia video game dan industri yang m...